Senin, September 26, 2016

JENIS DAN TIPE SISTEM INFORMASI

KONSEP SISTEM INFORMASI

Deskripsi Tugas
1. Memberikan penjelasan dari masing masing system informasi

a) Transaction Processing Systems (TPS) jenis jenis Sistem Informasi Berbasis KomputerTPS/Sistem Pemrosesan Transaksi  adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS berfungsi pada level organisasi yang memungkinkan organisasi bisa berinteraksi dengan lingkungan eksternal. Data yang dihasilkan oleh TPS dapat dilihat atau digunakan oleh manajer yang berupa laporan laporan yang lebih rinci. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh SIM.

b) Management Information System (MIS)
Adalah suatu aplikasi Sistem Informasi  yang  menyediakan  laporan  informas i terpadu  bagi  pihak  manajemen. MIS dihasilkan  dari  beberapa  database y ang menyimpan data dari benyak sumber, termasuk di dalamanya Transactio n Processing System/TPS.MIS menyajikan  informasi yang detail, rangkuman i nformasi dan informasi terpilih.MIS merupakan  salah satu elemen manajeme n yang  dirasa  penting oleh banyak perusahaan
c) Enterprice Resource Planning (ERP) Sebuah sistem ERP adalah pendekatan terpusat untuk menangani hari-hari ke giatan lingkungan bisnis

d) Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems) jenis jenis Sistem Informasi Berbasis KomputerDecision Support System (DSS) adalah Kelas sistem informasi terkomputerisasi pada level yang lebih tinggi. D SS hampir sama dengan SIM tradisional kerena keduanya sama-sama tergant ung pada basis data sebagai sumber data. DSS berangkat dari SIM tradisional kerena menekankan pada fungsi mendukung pembuatan keputusan di seluru h tahap-tahapnya, meskipun keputusan aktual masih wewenang eklusif pemb uat keputusan .Sistem Pendukung Keputusan lebih sesuai untuk orang-orang atau kelompok yang menggunakannya daripada SIM tradisional. DSS atau  Sis tem Pendukung Keputusan Sistem Informasi pada level manajemen yang me nggabungkan antara data dan model analisis mutakhir atau peralatan untuk menganalisis data yang mendukung proses pengambilan keputusan semi-ters truktur maupun tidak terstruktur.
 
e) EXECUTIVE INFORMATION SYSTEM (EIS) Executive Information System (EIS) atau disebut juga sebagai Executive Suppo rt System (ESS) adalah sistem berbasis komputer yang interaktif, yang memu ngkinkan pihak eksekutif untuk mengakses data dan informasi, sehingga dapa t dilakukan pengidentifikasian masalah, pengeksplorasian solusi, dan menjadi dasar dalam proses perencanaan yang sifatnya strategis. Karakteristik Teknologi Informasi untuk EIS. Dari definisi EIS, dapat diketahui EIS berhubungan erat dengan pengelolaan dan perepresentasian informasi d engan menggunakan komputer.

f) Expert Systems / Sistem Ahli (ES) ES menggunakan p-endekatan-pendekatan pemikiran AI (Kecerdasan Buatan) untuk menyelesaikan masalah serta memberikannya lewat pengguna bisnis.

g) Office Automation System (OAS) OAS mendukung pekerja data yang biasanya tidak menciptakan pengetahuan baru melainkan hanya menganalisis informasi sedemikian rupa untuk mentra nsformasikn data atau memanipulasikannya dengan cara-cara tertentu sebel um menyebarkannya secara keseluruhan dengan organisasi dan kadang-kada ng diluar organisasi.

2. Memberikan contoh dari tipe system informasi tersebut a) Contoh TPS : Aplikasi Inventaris Desa, Aplikasi data Penduduk, Sistem Penggajian, Transaksi penjualan, reservasi hotel, dll Dasar dasar untuk mencoba membuat sistem pemrosesan data transaksi: Rancangan Desktop Applications b) Contoh MIS : Sistem Informasi Manajemen Rumah sakit adalah sebuah sistem komp uterisasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi un tuk memperoleh informasi secara tepat dan tepat. sistem informasi rumah sakit umu mnya mencakup masalah klinikas (media), pasien dan informasi-informasi yang berk aitan dengan kegiatan rumah sakit itu sendiri. c) Contoh ERP Contoh Untuk menghitung komisi penjualan : Sebuah contoh sederhana dari sistem ERP adalah untuk menghitung komisi penjualan. Para pengguna sumber daya manusia menghitung komisi penjualan menggunakan sistem ERP dengan mengakses layanan web Contoh Fundamental ERP : ERP software adalah jantung dari setiap organisasi besar seperti mengelola kegiatan komputasi berbagai memperbaiki mereka melalui pendekatan terpadu. Dalam organisasi besar sangat penting untuk mengelola informasi sebagai ada aliran besar informasi baik di dalam dan di luar organisasi dan ini aliran besar informasi membuat informasi manajemen tugas yang sulit.

Contoh ERP untuk mengelola sistem informasi dapat berhubungan dengan departemen pembelian di mana departemen dapat dengan cepat menyesuaikan pesanan bahan sambil melihat ke informasi dalam database terpusat terkait dengan kenaikan atau penurunan pesanan pelanggan. Dengan demikian solusi ERP meningkatkan kegiatan alur kerja dan membuat mereka semua lebih efisien. d) Contoh DSS : analisis wilayah penjualan, penjadwalan produksi, analisis biaya. Program kertas kerja elektronik memudahkam manajerial end user menerima respon secara interaktif untuk peramalan penjualan atau keuntungan. Program Sekolah LinK Elektronik yang memudahkan manajerial dan User menerima respon secara interaktif untuk mengetahui jumlah pendapatan atau pendaftaran sisw a tahun ajaran baru. e) Contoh EIS : web Pemerintahan, web Universitas, e-learning dll f) Contoh ES : Game Playing,General Problem Solving,Natural Language Recogni tion,Speech Recognition,Visual Recognition,Robotics Dan Sistem Pakar g) Contoh OAS : Menangani pekerjaan manajemen (word processing, digital filli ng, desktop publishing), penjadwalan  (electronic calender), dan komunikasi ( email, voice mail, video-conferencing), jenis jenis Sistem Informasi Berbasis Komputer

26.09.16
18:24 PM

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.